DAFTAR PENILAIAN PNS – DP3 TUGAS BELAJAR

Pegawai Negeri Sipil akan dinilai kinerjanya oleh atasan langsung pegawai tersebut pada akhir tahun anggaran, atau desember setiap tahunnya. Penilaian ini diatur berdasarkan Peraturan pemerintah :

  • PP No. 10 Th 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil LogoPDF
  • PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri SipilLogoPDF

Kedua Peraturan tersebut mengatur penilaian terhadap PNS dengan mekanisme yang berbeda.

 

A. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)

DP3PP No. 10 Th 1979 mengatur tentang Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil, yang selanjutnya ddisebut Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). DP3 didefinisikan sebagai suatu daftar yang memuat hasil penilaian pelaksanaan pekerjaan seorang Pegawai Negeri Sipil dalam jangka waktu 1 (satu) tahun yang dibuat oleh Pejabat Penilai (Pasal 1 ayat a).

Pejabat Penilai adalah atasan langsung Pegawai Negeri Sipil yang dinilai ((Pasal 1 ayat b). Bagaimana untuk yang tugas belajar? siapakah pejabat penilainya? Pasal 13 PP No. 10 Th 1979 mengatur bahwa :

  1. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan bagi Pegawai Negeri Sipil yang sedang menjalankan tugas belajar, dibuat oleh Pejabat Penilai dengan menggunakan bahan-bahan yang diberikan oleh Pimpinan perguruan tinggi, sekolah, atau kursus yang bersangkutan.
  2. Khusus Pegawai Negeri Sipil yang menjalankan tugas belajar di luar negeri, bahan-bahan penilaian pelaksanaan pekerjaan tersebut diberikan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Negara yang bersangkutan.

Bagi yang sedang menjalankan tugas belajar di luar negeri maka blanko nya dapat diisi sebagai berikut :

word

Prosedur bagi yang PNS yang menjalankan tugas belajar di Perancis diatur oleh Kementrian Luar Negeri sebagai berikut :

“Selama menjalani tugas belajar di Perancis, atasan langsung karyasiswa/pegawai negeri sipil adalah Atase Pendidikan KBRI Paris. Karyasiswa dapat meminta DP3 tahun yang berjalan ke KBRI Paris melalui Fungsi Pendidikan dengan melampirkan fotokopi DP3 terakhir dari instansi masing-masing. DP3 tersebut akan ditandatangani Kepala Perwakilan RI, Atase Pendidikan dan yang bersangkutan.”

Prosedur permohonan  DP3 ke KBRI Paris :

  1. Kirimkan surat permohonan ke Duta Besar RI untuk Perancis, ditujukan ke Atase Pendidikan, dapat dengan surat atau dengan email ke : pdkparis@hotmail.com Contoh surat permohonan dapat di download : word
  2. Lampiran 1 :  surat permohonan tersebut dilampirkan DP3 tahun terakhir (tahun sebelumnya, misal meminta DP3 tahun 2013 maka dilampirkan DP3 tahun 2012)
  3. Lampiran 2 : Surat tugas yang menyatakan bahwa anda adalah Tugas Belajar.
  4. Lampiran 3 : Attestation scolarité 2 tahun (ingat tahun pelajaran/akademik tidak sama dengan tahun anggaran, jika anda meminta DP3 tahun 2013 maka lampirkan Attestation Scolarité 2012/2013 dan 2013/2014).
  5. Jangan lupa menuliskan alamat anda dengan jelas.
  6. Selanjutnya KBRI akan mengirimkan DP3 yang sudah ditandatangani oleh Atase Pendidikan ke alamat anda.
  7. Blanko DP3 yang sudah ditandatangi oleh Atase tersebut (lihat point 6) selanjutnya anda tanda tangani dan kirimkan kembali ke KBRI untuk ditandatangani oleh Dubes sebagai atasan Atase (sebaiknya pakai A/R  courrier recommandéavec accusé de réception).
  8. Setelah ditandatangni oleh Dubes, KBRI akan mengirimkan DP3 tersebut ke alamat anda.

Agar memudahkan pengisian DP3, anda dapat mengirimkan DP3 kosong yang sudah anda isi dengan data anda (lihat blanko diatas). Permohonan untuk tahun 2013 dapat dimintakan mulai Januari 2014.

!! PERHATIAN : DP3 Versi PP No. 10 Th 1979 hanya berlaku hingga DP3 tahun 2013. 

 

B. Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

Penilaian bulan JANUARI – DESEMBER 2014, tidak lagi menggunakan DP3 melainkan menggunakan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2011. PP ini mengatur penilaian berdasarkan Sasaran kerja pegawai (SKP).

“Perbedaan antara DP3 dengan SKP adalah kalau DP3 yang dinilai lebih pada perilaku kerja PNS yang bersangkutan, sedangkan kalau SKP lebih pada capaian kinerja PNS yang bersangkutan dalam setiap targetnya.”

Ada beberapa aspek penilaian dalam SKP, diantaranya :

  1. menentukan target kuantitas
  2. menilai kualitas dalam suatu pekerjaan / kegiatan
  3. target waktu
  4. target biaya

Mekanismenya sebagai berikut :

Mekanisme-Penilaian-Kinerja-506x380

Dikarenakan target kegiatan masing-masing instansi tidak sama maka SKP masing-masing unit kerja akan berbeda, terutama untuk jabatan fungsional untuk itu gunakan panduan dari BKN : http://www.bkn.go.id/produk/skp dan Peraturan kepala BKN (Perka) Nomor 1 tahun 2013 :

LogoPDF

SKP PNS tugas belajar dapat lihat pada Pasal 28 PP Nomor 46 Tahun 2011 :

  1. Penilaian prestasi kerja bagi PNS yang sedang menjalankan tugas belajar di dalam negeri dilakukan oleh pejabat penilai dengan menggunakan bahan-bahan penilaian prestasi akademik yang diberikan oleh pimpinan perguruan tinggi atau sekolah yang bersangkutan.
  2. Penilaian prestasi kerja bagi PNS yang menjalankan tugas belajar di luar negeri dilakukan oleh pejabat penilai dengan menggunakan bahan-bahan penilaian prestasi akademik yang diberikan oleh pimpinan perguruan tinggi atau sekolah melalui Kepala Perwakilan Republik Indonesia di negara yang bersangkutan.

 

SKP PNS Tugas belajar dengan penilaian prestasi akademik : 

PNS tugas belajar tidak perlu membuat SKP dikarenakan statusnya “belajar” sehingga target kegiatannya adalah capaian akademik. Untuk itu,  nilai akademiknya yang menjadi input penilaian bagi atasannya artinya halaman yang muat aspek penilaian dalam SKP seperti target waktu, biaya dan kinerja dikosongkan dan dapat langsung masuk ke point 4 : UNSUR YANG DINILAI. Gunakan Indeks Prestasi (IP) pada Kartu Hasil Studi (KHS) tahun tersebut, dengan rumus konversi =  (Perolehan IPK : 4) x 100. 

rumus

*) Ingat IP Indonesia menggunakan indeks skala maksimal 4.

Misal IP nya 3,08 maka input penilaiannya dihitung dengan skala 4 menjadi (3,08 : 4,00) x 100 = 77.  Namun, jika dalam 1 tahun ada 2 semester maka perhitungan pada Indeks Prestasi Akademik pada semester ganjil dan semester genap sebagai berikut :

  • Indeks Prestasi Akademik semester genap adalah 2,91  dan pada semester ganjil 3,25. Nilai Indeks Prestasi rata-rata adalah (2,91 + 3,25) : 2 = 3,08. Skala IPK yang ditetapkan = 4, sehingga penilaian SKP adalah (3,08 : 4,00) x 100 = 77 maka nilai yang dipakai adalah 77

skp tubel

untuk SKP tubel dengan Indeks prestasi dapat membaca : http://www.skp.web.id/2014/02/penilaian-prestasi-kerja-pns-tugas.html

 

Bagaimana dengan PNS Tugas Belajar di Perancis? 

  1. yang menggunakan standar yang berbeda?  konversikan dahulu nilai Perancis untuk masuk ke indeks skala 4, sebelum dihitung dengan rumus diatas. Sebagai acuan dapat melihat acuan dari University Of WashingtonLogoPDF
  2. tidak ada mata kuliah ? Dapat menggunakan kegiatan akademik seperti formation dan publikasi ilmiah. Contoh blanko SKP dan pengisiannya :

excel

Prosedur permohonan SKP sama dengan prosedur DP3 lihat pada Point A diatas (1-8) namun jangan lupa lengkapi dengan data pendukung :

  • surat penilaian dari prof pembimbing anda.
  • misal anda melakukan publikasi maka lampirkan fotocopi/ scan publikasinya,
  • misal anda mengikuti seminar / formation maka lampirkan sertifikatnya.

Catatan: 

  • Apabila seorang PNS pindah dari instansi pemerintah yg satu ke instansi yg lain, maka buku catatan penilaian perilaku kerja dikirimkan oleh pimpinan instansi lama kepada pimpinan instansi baru.
  • Baca juknis penyusunan SKP berikut :

ppt

Baca juga :  Konvensi Nilai dan penyetaraan Ijazah 

Sumber :

Lyon 18 fev 2016 (Rie / AF)

Iklan

3 thoughts on “DAFTAR PENILAIAN PNS – DP3 TUGAS BELAJAR

  1. Dalam PP 46/2011 memang dimungkinkan instansi pembina teknis (Kemenlu/KBRI) membuat juknis sbg penjabaran dari PP 46 itu sendiri dan Perka BKN 1/2013, sesuai kekhasan instansi teknis tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s