SELAYANG PANDANG KROASIA

MENGENAL KROASIA

Map-of-the-Regions-of-Croatia

Kroasia merupakan salah satu negara pecahan Yugoslavia dengan luas daratan 56,594 km² dan wilayah pantai dan perairan mencapai 31,067 km² (http://croatia.eu). Kroasia terletak di daratan Eropa Timur dan termasuk dalam negara-negara Balkan bersama dengan Albania, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Kosovo, Macedonia, Montenegro, Romania, Serbia, dan Slovenia (Crampton dan Danforth, 2017). Maka wilayah Kroasia berbatasan dengan : (1) Slovenia sepanjang 668 km, (2) Hungary sepanjang 355 Km, (3) Serbia sepanjang 318 Km, (4) Bosnia and Herzegovina sepanjang 1,011 Km dan (4) Montenegro sepanjang 23 Km (http://croatia.eu).

 

Keindahan Kroasia didukung oleh relif alamnya yang  terdiri dari pegunungan, dataran dan pantai. Keindahan Kroasia belum dikenal luas di kalangan traveler Indonesia. Namun bagi warga Eropa, Kroasia memiliki reputasi yang tinggi disektor pariwisata. Bayangkan saja, turis yang mengunjungi Kroasia ditahun 2016 mencapai 16,3 juta (Croatiaweek, 2016) sedangkan penduduk Kroasia sekitar 4,2 juta di tahun 2015 (Croatian Bureau Statistic, 2016). Artinya, jumlah turis mencapai 4 kali lipat jumlah penduduknya.

Selain alamnya yang indah, terutama kawasan pantainya, Kroasia memiliki keunikan tersendiri dari segi arsitektur bangunannya dan juga budayanya. Berdasarkan latar belakang sejarahnya, wilayah Kroasia terdiri dari wilayah (1) Croatia-Slavonia (dibagian atas), (2) Istria (berada  diantara  Istrian Peninsula, di utara laut Adriatic), dan (3) Dalmatia (wilayah jalur pantai) (Pleština at.all, 2017).

 

SEJARAH KROASIA

Era kerajaan

Pada jaman perunggu dan besi, Kroasia banyak di pengaruhi oleh Yunani yakni pada abad ke 8 SM. Pada abad ke 4 SM, Kroasia masuk dalam wilayah Kerajaan Romawi Italia. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan Romawi seperti kolosium (The amphitheater) di Pula dan tata kota di Zadar (liat no. 17 di Peta) juga bangunan Romawi di Split (liat no. 19 di Peta).

pula

The amphitheater di Pula

 

Pada tahun 1102–1527, Kroasia termasuk dalam wilayah Kerajaan Hungaria. Dan pada pertengahan abad ke-15, sebagian wilayah Kroasia masuk dalam wilayah Kerajaan Ottoman, setelah Ottoman memenangkan peperangan Krbava pada tahun 1493. Sebelumnya pada tahun 1463, Bosnia masuk dalam kerajaan Ottoman. Pengaruh Ottoman dan Bosnia menjadikan wilayah Dubrovnik (liat no. 20 di Peta) memiliki  kekuatan maritime, kemajuan yang pesat dibidang perdagangan, kerajinan tradisional, kekayaan budaya dan doplomasi, farmasi, kontruksi social dan pengembangan sistem pengolahan air dll. Kekuasaan Ottoman di wilayah Kroasia berakhir setelah kalah dalam perang Sisak (liat no. 13 di Peta) pada tahun 1593 (http://croatia.eu).

ScreenShot SIMAK001

Jembatan Sulaiman di Osijek (liat no. 12 di Peta) dibangun tahun 1566

 

Selanjutnya, wilayah Kroasia masuk dalam wilayah Habsburg Monarchy (1527-1804), Austrian Empire (1804-1867) dan Austro-Hungarian Empire (1867-1918). Dalam kurun waktu kurang lebih 400 tahun inilah, Kroasia dan Austria berada dalam satu wilayah administratif (Wikipedia).

 

Era Yugoslavia

Kroasia masuk dalam wilayah Yugoslavia pada tahun 1918-1990. Yugoslavia sendiri terdiri dari the Kingdom of Yugoslavia (1918–1941) dan the Yugoslav Federation (1945–1990). Federasi Yugoslavia yang disebut dengan Federal People’s Republic of Yugoslavia berganti nama menjadi  the Socialist Federal Republic of Yugoslavia pada tahun 1963. Peninggalan kas dari Era Yugoslavia adalah bangunan dengan arsitek khas rezim komunis yang berbentuk kotak seperti Musieum di kota Zadar (http://croatia.eu).

Di Era Yugoslavia ini Indonesia mulai menjalin hubungan persahabatan dengan Kroasia. Terutama hubungan personal Josip Broz Tito (1892–1980) dengan Soekarno terutama dalam peranannya di Gerakan Non Blok.

 

DESTINASI WISATA DI KROASIA

Setelah mengetahui sejarah Kroasia, terbayang tentunya sederetan peninggalan kuno yang diantaranya juga masuk dalam heritage Unesco. Beberapa kota tujuan wisata di Kroasia :

  1. Istria
  2. Kvarner and Highlands
  3. Dalmatia : Dubrovnik, Šibenik, Zadar
  4. Central Croatia
  5. Slavonia
  6. Zagreb

 

Untuk mengeksplor Kroasia dapat membaca :

Kami akan membahas secara mendetail tentang wisata di Kroasia dalam tulisan berikutnya.

 

Sumber :

 

Split, 10 Juni 2017

Rie

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s